Seputar Dunia IT dan Pengembangan Diri

Breaking

Monday, October 15, 2018

Sharing Bersama Mbah Suro Tentang Revolusi 4.0 | BLC Telkom | Abubakar Ghifari




Assalamu’alaikum Wr.Wb

Pendahuluan
   
    Hay Guys apa kabar? Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang kegiatan sharing bersama Mbah Suro.

Latar Belakang
   
    Kegiatan sharing ini di latar belakangi untuk menambah pengetahuan dan membahas kendala apa yang kita temui.



Maksud dan Tujuan
     Memberi pemahaman kepada khususnya remaja dalam menyongsong Revolusi Industri 4.0

Pembahasan
   
    Pada kegitan sharing kali ini mbah membahs tentang Revolusi Teknologi menuju indonesia 4.0.Sebelumnya Tujuan diadakannya making Indonesi 4.0 adalah untuk mengabarkan antara lingkungan fisik,digital,dan bilologis.Tentu saja akibat dari kejadian ini adalah Indonesia akan semakin maju bikan hanya dari segi IT saja melainkan dari sektor-sektor yang lain.Indoneai juga beraspirasi menjadi top 10 ekonomi dunia pada tahun 2030.Maka dari itu kita sebagai kaum terpelajar kita harus berfikir kreatif dan inovatif agar kita bisa bersaing didunia industri yang sudah banyak memakai tenaga dari robot.

    Terlebih hingga tahun 2045 Indonesia memiliki bonus demografi atau masa di mana jumlah penduduk usia muda lebih banyak daripada penduduk usia tua. "Sampai 15 tahun ke depan, kita masih punya bonus demografi. Ini merupakan masa emas bagi Indonesia untuk juga menjadi 10 negara dengan perekonomian terbesar di dunia pada tahun 2030," imbuhnya.Ciri yang paling mewakili industri 4.0 ini adalah inovasi ,jadi unutk menhasilkan inovasi kita harus mamu mengembangakan ide kreatif ,karna tanpa ide kreatif taadi inovasi tidak akan bisa didapatkan.

     Didalam menyongsong diindustri 4.0 ini ada skill-skill yang dipersiapkan atau dimiliki agar ketika pada saat masanya tiba kita tidak hanya jadi penonton melainkan kit asebagai pemeran dalam industri 4.0 .Nah skill apa yang harus dimilki agar kita  tidak hanya jadi penonton di era industri 4.0 ini ,jadi saya akan share kembali mengenai skill apa saja sih yang perlu kita miliki untuk ikut serta dalam Industri 4.0 ? Berikut skill yang bisa anda miliki  :

1. Complex problem solving

     Complex problem solving disini merupakan kemampuan penyeleasaian masalah kompleks dengan dimulai dari melakukan identifikasi, menentukan elemen utama masalah, melihat berbagai kemungkinan sebagai solusi, melakukan aksi/tindakan untuk menyelesaikan masalah, serta mencari pelajaran untuk dipelajari dalam rangka penyelesaian masalah.

2. Critical thinking

     Critical thinking atau kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan untuk berpikir masuk akal, kognitif dan membentuk strategi yang akan meningkatkan kemungkinan hasil yang diharapkan. Berpikir kritis juga bisa disebut berpikir dengan tujuan yang jelas, beralasan, dan berorientasi pada sasaran.

3. Creativity

     Creativity atau kreatifitas adalah kemampuan dan kemamuan untuk terus berinovasi, menemukan sesuatu yang unik serta bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan. Creativity disini dapat juga diartikan mengembangkan sesuatu hal yang sudah ada sehingga dapat menjadi lebih baik.

4. People management

     People management adalah kemampuan untuk mengatur, memimpin dan memanfaatkan sumber daya manusia secara tepat sasaran dan efektif.
  
5. Coordinating with other

    Kemampuan untuk kerjasama tim ataupun bekerja dengan orang lain yang berasal dari luar tim.

6. Emotion intelligence

    Emotion intelligence atau kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang untuk mengatur, menilai, menerima, serta mengontrol emosi dirinya dan orang lain di sekitarnya.

7. Judgment and decision making

    Judgement and decision making adalah kemampuan untuk menarik kesimpulan atas situasi yang dihadapi serta kemampuan untuk mengambil keputusan dalam kondisi apapun, termasuk saat sedang berada di bawah tekanan.

8. Service orientation

    Service orientation adalah keinginan untuk membantu dan melayani orang lain sebaik mungkin untuk memenuhi kebutuhan mereka. Dengan memiliki service orientation, kita akan selalu berusaha memberikan yang terbaik pada pelanggan tanpa mengharapkan penghargaan semata.

9. Negotiation

    Kemampuan berbicara, bernegosiasi, dan meyakinkan orang dalam aspek pekerjaan. Tidak semua orang secara alamiah memiliki kemampuan untuk mengadakan kesepakatan yang berbuah hasil yang diharapkan, namun hal ini dapat dikuasai dengan banyak latihan dan pembiasaan diri.

10. Cognitive flexibility

    Cognitive flexibility atau fleksibilitas kognitif adalah kemampuan untuk menyusun secara spontan suatu pengetahuan, dalam banyak cara, dalam memberi respon penyesuaikan diri untuk secara radikal merubah tuntutan situasional.

Kesimpulan
       
    Kita harus siap untuk mengadapi Revolusi Indonesia 4.0 dengan cara cara membakali diri dengan soft skill dan hard skill.

Penutup

    Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat bagi pembaca.Dan tunggu artikel-artikel kami selanjutnya.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

No comments:

Post a Comment