Seputar Dunia IT dan Pengembangan Diri

Breaking

Thursday, January 24, 2019

Penjelasan Tentang Unicast, Broadcast, dan Multicast | Abubakar Ghifari

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Pendahuluan
    Hai Sobat pada kesempatan kali ini saya akan sharing mengenai penjelasan Unicast, Broadcast, dan Multicast.

Latar Belakang
     Dikarenakan pada training hari ini kami dijelaskan tentang pengertian Unicast, Broadcast, dan multicast.

Maksud dan Tujuan
     Menjelaskan kembali kepada pembaca tentang pengertian Unicast, Broadcast, dan multicast.

Pembahasan
      Metode pengiriman data di ipv4 ada 4 metode. Dibawah ini adalah penjelasannya:

1. Unicast
Adalah metode pengiriman paket yang ditujukan pada satu perangkat saja. Metode ini sering disebut One to One. Berbeda dengan metode yang lain, mereka mengirimkan paket ke beberapa perangkat sekaligus. Untuk mengirim paket dengan unicast sumber harus mengethaui alamat ip address perangkat yang dituju. Jika ingin nmengirim paket lebih dari satu maka unicast mengirimkannya secara terpisah.



2. Broadcast
Adalah metode pengiriman paket yang ditujukan untuk semua perangkat pada jaringan. Broadcast juga disebut metode transmisi One to all(satu untuk semua). Address tujuan adalah alamat spesial yang ditentukan untuk pesan broadcast. Pada jaringan ethernet, Broadcast dikrim ke alamat khusus menggunakan format FF-FF-FF-FF-FF-FF-FF. Jika pasket dikirim dengan menggunakan broadcast, maka semua perangkat yang terhubung ke jaringan akan menerima paket yaNG sama tersebut. Contoh penerapan broadcast adalah DHCP, VTP, dan cara switch mengisi mac tablenya.


3. Multicast
Adalah metode pengiriman paket yang sama dengan broadcast tetapi perbedaanya metode ini mengirimkan paket ke banyak tujuan sekaligus dikelompokkan berdasarkan grup-grup tertentu melalui alamat grupnya. Untuk mengidentifikasi grup tersebut multicast menggunakan protokol IGMP(Internet Group Management Protocol). Multicast grup dilihat dari alamat ip khusus antara 24.0.0.0 sampai 239.255.255.255. Sebagai contohnya ketika kita streaming audio atau video. Tentu saja banyak komputer yang ingin mengaksesnya secara bersamaan. Dengan multicast data tersebut hanya dikirim sekali saja, namun bisa diterima oleh banyak perangkat.


Kesimpulan
    Dari keterangan diatas diharapkan pembaca bisa mengetahui Penjelasan dari unicat, brodacast, dan multicast serta implementasi.

Penutup    
     Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat bagi pembaca.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb 

No comments:

Post a Comment