Seputar Dunia IT dan Pengembangan Diri

Breaking

Saturday, February 9, 2019

Macam - Macam Cara Akses Perangkat Mikrotik | Abubakar Ghifari


Assalamu'alaikum Wr.Wb

Pendahuluan
    Hai Sobat pada kesempatan kali ini saya akan sharing mengenai macam-macam cara akses perangkat Mikrotik.

Latar Belakang
     Ketika kita ingin megakses perangkat Mikrotik, kita memiliki beberapa opsi, yaitu dengan Winbox, SSH, Telnet, dan Webfig. Namun yang sering digunakan adalah dengan Winbox karena berbasis GUI tentu saja dapat lebih mudah.

Maksud dan Tujuan
       Memberi penjelasan tentang cara akses Mikrotik.

Pembahasan
        Dibawah ini adalah macam-macam cara akses Mikrotik:

1. Winbox
    adalah suatu aplikasi berbasis GUI yang berfungsi untuk meremote Mikrotik untuk dikonfigurasi dengan mudah. Kita bisa menghubungkannya dengan Mac address atau IP. Jika ingin menggunakan IP syaratnya PC kita harus berada satu jaringan dengan Mikrotik. IP Default dari Mikrotik adalah 192.168.88.1.


2. Telnet (Telecomunication Network)
    adalah protokol jaringan yang di digunakan pada internet atau Local Area Network untuk menyediakan fasilitas komunikasi berbasis teks menggunakan virtual terminal. Caranya menggunakan terminal/virtual terminal adalah sebagai berikut:


3. SSH (Secure Shell)
    adalah sama seperti Telnet yanitu sebuah protokol yang menyediakan komunikasi berbasis teks menggunakan virtual terminal, akan tetapi SSH lebih aman karena lebih terenskripsi datanya. Berikut adalah cara akses perangkat Mikrotik menggunakan SSH:


4. Webfig
    adalah cara akses Mikrotik berbasis GUI yang fiturnya hampir sama dengan di Winbox, akan tetapi Webfig dapat diakses di Web Browser. Karena menggunakan protokol HTTP maka port defaultnya adalah 80. Berikut adalah cara menggunakan Webfig untuk mengakses Mikrotik:

Kesimpulan
    Dari tulisan diatas kita dapat mengetahui beberapa cara mengakses perangkat Mikrotik. Bukan hanya dengan Winbox yang sangat sering digunakan dikarenakan berbasis GUI maka dirasa pengguna lebih mudah dari pada cara yang lain yang berbasis CLI.

Referensi
     Ebook Mikrotik MTCNA

Penutup    
     Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat bagi pembaca.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb 

No comments:

Post a Comment