Seputar Dunia IT dan Pengembangan Diri

Breaking

Thursday, October 18, 2018

Penjelasan IP Address Beserta Kelasnya | Abubakar Ghifari

Assalamu’alaikum Wr.Wb




Pendahuluan

    Hayy teman lagi apa sekarang ini . Kali ini aku akan membahas tentang ip beserta pembagian kelas nya . Selamat Membaca :D.

Latar Belakang

    Komunikasi data dalam suatu jaringan membutuhkan suatu aturan tertentu sehingga computer-komputer yang terhubung dapat saling terjadi proses komunikasi data.

Maksud dan Tujuan

    Membantu memahami apa konsep dan pembagian kelas dari ip address.

Pembahasan

    IP Address adalah sebuah angka yang dimana angka tersebut merupakan deretan angka biner yang dimulai dari 32 bit- 128 bit yang di pakai untuk mengindentifikasi setiap perangkat komputer/ laptop dalam jaringan internet. IPv4 dikenal dengan mengunakan deratang angka 32 bit, sedangkan jenis ip addres IPv6 menggunakan deret angka biner 128 bit. Fungsi inilah yang biasanya paling banyak di gunakan untuk melakukan pentransferan data menggunakan DHCP server.

Note: Alamat setiap IP pada perangkat yang berhubungan dengan jaringan seperti Laptop/PC memili ip yang unik yang berguna layaknya identitas pada diri kita sendiri yang memiliki identitas yang unik.


Pembagian Kelas IP address

· Kelas A
    Kelas IP addres A terdiri dari 8 bit untuk Network ID dan 24 bit untuk Host ID. Oktet pertama dimulai dari angka 1-126 dan memiliki 1 bit pertama 0 (nol).

· Kelas B
    Kelas IP addres B terdiri dari 16 bit untuk Network ID dan 16 bit untuk Host ID. Oktet pertama dimulai dari angka 128-191 dan memiliki 2 bit pertama yaitu 10.

· Kelas C
    Kelas IP addres C terdiri dari 24 bit untuk Network ID dan 8 bit untuk Host ID. Oktet pertama di mulai dari angka 192-223 dan memiliki 3 bit pertama yaitu 110.

· Kelas D
     IP addres kelas D terdiri dari 4 bit pertama yaitu 1110.  IP address kelas D digunakan untuk multicasting, yaitu pemakaian secara bersama olebsejumlah komputer. Multicasting sendiri berfungsi untuk mengirim informasi pada nomor host komputer.

· Kelas E
     IP kelas E memiliki 4 bit pertama sama halnya dengan ip kelas D. Namun ip kelas D bit pertamanya 1111 dan selalu di set pada bilangan biner 1111. 28 bit sisanya digunakan sebagai alamat yang mengenali Host . IP kelas E merupakan ip yang bersifat percobaan dan ip kelas e di persiapkan penggunaan ip di masa yang akan datang.

Kesimpulan

    IP Address (Internet Protokol Address) adalah suatu identitas numberik yang dilabelkan kepada suatu alat seperti komputer,router atau printer yang terdapat dalam suatu jaringan komputer yang menggunakan internet protokol sebagai sarana komunikasi.

Referensi
  • https://panduankomputer-laptop.blogspot.com/2016/11/pengertian-ip-address-fungsi-dan-kelas.html
  • http://bidakara.ac.id/pengertian-ip-public-ip-private/


Penutup

    Sekian yang saya ketehaui tentang ip Address dan bila ada kesalahan pengetikan Mohon maaf. Wassalamu Alaikum Wr.Wb.

No comments:

Post a Comment