Seputar Dunia IT dan Pengembangan Diri

Breaking

Saturday, February 16, 2019

Training Cisco Hari Ke-3 | Peran Jaringan dalam Kehidupan Sehari-Hari

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Pendahuluan
    Hai Sobat pada kesempatan kali ini saya akan sharing mengenai kegiatan saya di training Cisco hari ketiga.

Latar Belakang
     Di hari ketiga training cisco kami diberi materi tentang peran jaringan dalam kehiduapan sehari-hari.

Maksud dan Tujuan
     Menjelaskan kembali kepada pembaca tentang peran jaringan dalam kehidupan jaringan khususnya untuk manusia.

Pembahasan
      Bab 2.1 Harus Online ?

      Untuk membuat perangkat yang kita meliki bisa merasakan online harus diperlukanya jaringan, nah contohnya ponsel kita, ponsel kita menggunakan gelombang radio untuk mengirimkan sinyal ke antena yang terpasang di tower yang berada di wilayah geografis tertentu.


     Pada saat ini teknologi gelombang radio smartphone sudah mencapai 5 G yang sebelumnya ada (2G,3G dan 4G, G disini dimaksud generation).



   Tak hanya seperti yang disebutkan diatas jaringan lain yang digunakan oleh ponsel pintar meliputi GPS, Wi-FI, Blurtooth, dan NFC.



    Pada jaringan lokal yang tersambung terdapat komponen-komponen jaringan, yang dikelompokan menjadi empat kategori yaitu:
-Host
-Peripheral
-Network device
-Network media



      Pada komputer untuk dapat terhubung ke jaringan tidak hanya perlu memiliki mac address melainkan juga IP Address, yang wajib diisi jika komputer anda ingin terhubng ke jaringan luar atau yang jauh.

    Untuk memberikan IP Address pada komputer bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan Static IP dan Dynamic IP configuration.


Bab 2.2 Pertimbangan Jaringan Lainnya

    Untuk mengimplementasikan atau menerapkan suatu jaringan disuatu tempat kita perlu membuat topologi, mulai dari topologi pysical dan topologi logical. Sebelumnya kita harus merencanakan denah ruangan yang akan dipasang jaringan, mempersiapkan perencanaan Address. Kemudian yang wajib dibuat juga yaitu Jaringan topologi dan representasion yang menunjukan bahwa perangkat apa saja yang dipasang di topologi tersebut.


Topologi pysical



     Merupakan topologi dimana topologi ini menunjukan nama setiap device yang terpasang, nama ruangan dan denah ruangan yang akan dipasang jaringan.

Topologi logical


     Merupakan topologi yang menunjukan alokasi Ip address yang akan diberikan, kemudian menunjukan bagaimana jaringan tersbut di bangun.

2.3 Kabel dan media

     Nah setelah tadi kita merencanakan pembuatan topologi yang akan diterapkan, sekarang kita akan membahas jenis media jaringan yang digunakan, media jaringan yang umu digunakan terdapat 3 kategori yaitu :
-Copper wires kabel
-Serat optik (fiber optik kabel)
-Wireless


Copper kabel umumnya terdapat tiga jenis dianataranya yaitu :
-Unshilded twisted-pair (UTP)
-Shilded twisted-pair (STP)
-Coaxial (tv,satelit)


Kabel tembaga rentan terhadap interferensi
-EMI (elektromagnetik) contoh; neon
-Crosstalk




Kabel serat optik atau fiber optik kuat terhadap gangguan EMI dan RFI

      Untuk dapat memfungsikan media jarngan tersebut khsusnya kabel harus ada tindak lanjut yaitu dengan mengkrimping pada tiap tiap ujng kabel sehingga bisa difungsikan sesuai aturan. Untuk mengkrimping kabel terdapat skema pengkabelan untuk UTP dan STP yaitu skema T568A dan T568B. Skema tersebut sudah ditetapkan oleh badan internasional dan sudah disepakati oleh setiap negara.



   
Kesimpulan
     Dari keterangan diatas kita dapat mengetahbui materi tentang mengapa kita harus online,  perangkat jaringan,  topology, media dalam jaringan ,dll.

Penutup    
     Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat bagi pembaca

Wassalamu'alaikum Wr.Wb 

No comments:

Post a Comment