Seputar Dunia IT dan Pengembangan Diri

Breaking

Friday, February 15, 2019

Training Cisco Hari Ke-2 | Komunikasi di Dunia yang Saling Terhubung




Assalamu'alaikum Wr.Wb

Pendahuluan
    Hai Sobat pada kesempatan kali ini saya akan sharing mengenai kegiatan saya di training Cisco hari kedua.

Latar Belakang
     Di training hari ini saya membahas tentang berkomunikasi di dunia terhubung.

Maksud dan Tujuan

Pada Bab 1 ada targetan yang harus dikuasai 

1.1 Berkomunikasi di Dunia yang berkomunikasi
Jelaskan konsep komunikasi jaringan.
1.2 Jaringan Lokal.
Jelaskan peran perangkat dalam jaringan.
1.3 Membangun Jaringan Sederhana
Bangun jaringan yang bekerja.

Pembahasan
      Apa itu jaringan? Jaringan dua komputer atau lebih yang terhuung satu sama lain dan bisa dibagikan.

Bab1 1.1 Berkomunikasi diDunia yang saling terhubung

Apa kamu butuh online?

     Bagi sebagian besar kita, Internet telah menjadi bagian besar dari kehidupan sehari-hari. Bagaimana kita bisa online didunia maya dengan menggunkan internet. Internet adalah sekumpulan  yang saling bertukar jaringan di seluruh dunia yang saling bertukar informasi menggunakan standar umum melalui kabel telepon, kabel serat optik, transmisi nirkabel, dan hubungan satelit. Internet tidak memiliki  karena semua orang dapat memilik internet.
   
      Selain internet ada yang disebut jaringan lokal, jaringan lokal saat ini hadir dalam berbagai ukuran mulai dari peer-to-peer (dua perangkat yang saling berhubungan), jaringan rumah, SOHO, dan jaringan organisasi besar. Pada jaringan yang terhubung lokal belum terhubung dengan internet.
Pada zaman sekarang untuk membuat perangkat kita terkoneksi ke internet sangat mudah tetapi hanya pernagkat yang memang dirancang bisa terhubung ke internet.

      Kemudian pada saat komunikasi, apa saja yang dikomunikasikan. Jika pada komputer yang dikomunikasikan adalah data. Data merupakan nilai yang mewakili sesuatu. Jaringan mentransmisikan datanya agar dapat berbagi dengan orang lain atau untuk penyimpanan jangka panjang.

      Pada saat data ditransmisikan, data tidak membentuk data lagi membentuk bit. Bit adalah bahasa komputer yang menggunakan kode biner 0 dan 1 yang digunakan untuk menfasirkan huruf, angka, dan karakter khusus dengan bit. Setiap bit bit direpesentasikan sebagi 1 byte. Bit ditransmisikan sebagai sinyal melalui media, media nya bisa terdiri dari tembaga, kabel serat optik, dan nirkabel.

      Kemudian pada saat pengiriman data antara sumber jumlah tujuan data yang mengalir dari sumber ke tempat tujuan yang dinamakan Bandwith, dalam jumlah waktu tertentu dalam jumlah bit yang dapat dikirim melintasi media dalam hitungan detik. Kemudian setelah bandwidth adalagi yang disebut Throughput. Throughput adalah ukuran sebenarnya dari transfer bit kemedia selama periode tertentu. Banyak faktor yang mempengaruhi Throughput termasuk jumlah data yang dikirim / diterima, jenis data yang ditransmisikan, dan mengumpulkan latensi yang dihasilkan oleh jumlah aplikasi jaringan yang ditemui di sumber dan tujuan.

Bab1 1.2 Jaringan Lokal

     Didalam jaringan lokal terdapat infrstruktur / komponen-komponen jaringan, komponen jaringan tersebut terbagi menjadi 3 yaitu sebagai berikut:

1. Perangkat Internedia (Perangkat Partisipasi)
2. Perangkat akhir (host perangkat / klien)
3. Media jaringan (media transmisi)

Contoh dari perangkat Intermedia 
-Rute 
-Router nirkabel
-Beralih
Accespoint nirkabel
Manajer panggilan
-Firewall
-Penyedia Layanan Peralihan

Contoh dari End device 
-Laptop
-Printer
-Tablet
-Smartphone
-Telepon -IP

Contoh dari perangkat media jaringan
-Lan media
-Dapat media
-Media nirkabel
  
Bab 1.3 Membangun Jaringan Sederhana

       Contoh jaringan sederhana diizinkan yaitu Server peer-to-peer dan Client. 
    Peer-to-peer merupakan jaringan Di mana komputer bisa saling berbagi, antara komputer satu dan lainya bisa berganti menjadi server dan menjdai klien, berikut kelebihan dan kekurangan jaringan peer-to-peer:

Kelebihan dari jaringan peer-to-peer


  • Mudah untuk disetting 
  • Tidak komplek
  • Tidak memerlukan spesifikasi khusus
  • Bisa digunakan untuk printer shareng
  • kekurangan dari jaringan peer-to-peer

Tidak ada admin yang dikendalikan
Tidak ama
Tidak bisa dikembangkan
Menggunakan perintah sederhana

Client dan server 

    Jaringan klien server adalah jaringan yang mana merupakan perangkat yang sudah ditetapakn fungsi yang menjadi server dan klien. Server adalah penyedia layanan dan klien meminta layanan. Contohnya seperti kita mengakses web.

Macam-macam fungsi dan perangkat yang ada di jaringan Client Server terhubung:

1. File Klien
2. Server FIle
3. Server Web 
4. Server Email
5. Email klien 
6. Web CLient

      Misalkan semua jaringan telah dibuat topologinya, dan semua sudah disetujui kemudian kita ingin mengecek apakah jaringan terkoneksi dengan jaringan lain atau terkonksi dengan internet, Anda dapat mengeceknya dengan permintaan yang telah disediakan, yang menggunakan   ping untuk memudahkan koneksi IP ujung ke ujung dengan alamat IP sumber dan tujuan. Gunakan traceroute untuk mencapai setiap hop di jalan menuju tujuan.

Kesimpulan
   inti dari bab1 1.1 untuk berkomunikasi antara satu komputer ke komputer lain yang diperlukan jaringan, baik jaringan internet maupun lokal, tidak hanya itu pada saat berkomunikasi harus ada yang disebut data, data yang diakses melalui media yang ada tembaga, serat optik, dan nirkabel. Pada saat data melewati media, data tidak lagi membentuk data yang diterima bit, 8 bit sama saja dengan 1 byte, data yang mengalir daari satu tempat ketempat dinamakan bandwidth, ukuran asli dari bit yang mengalir ke media dinamakan throughput.

      Kemudian inti dari Bab 1.2 yaitu komponen-komponen apa saja yang ada pada jaringan lokal yang terbagi kedalam beberapa bagian.

     Bab 1.3 menjelaskan contoh jaringan sederhana/yang termasuk kedala jaringan kecil yaitu tadi teman silahkan baca lagi jiak pada belum mengerti

Penutup    
     Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat bagi pembaca.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb 

No comments:

Post a Comment