Seputar Dunia IT dan Pengembangan Diri

Breaking

Wednesday, February 6, 2019

Tool Monitoring Pada Mikrotik | Abubakar Ghifari


Assalamu'alaikum Wr.Wb

Pendahuluan
        Hai Sobat pada kesempatan kali ini saya akan sharing mengenai Tool Monitoring Pada Mikrotik.

Latar Belakang
     Ketika kita sudah selesai melakukan konfigurasi kita bisa mengecek konfigurasinya dengan melakukan monitoring jaringan. Di Mikrotik terdapat macam-macam service untuk monitoring jaringan sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Maksud dan Tujuan
     Menjelaskan Tool Monitoring pada jaringan di Mikrotik dan cara melakukannya.

Pembahasan
     Mikrotik memiliki bermacam-macam service untuk memonitoring jaringan diantaranya adalah seperti dibawah ini:

1. Ping
    Service ini berguna untuk mengecek koneksi pada suatu host. Ping menggunakan protokol ICMP untuk mengirimkan pesan kepada IP Address yang dicoba konektivitasnya. kita bisa langsung menggunakannya di terminal seperti berikut:


2. Flood Ping
    Di Flood Ping kita bisa mengetahui tentang jumlah paket, ukuran paket, waktu yang dibutuhkan untuk mengirim paket, jumlah paket yang dikirim, dan jumlah paket yang diterima. Kita bisa mencari Tool ini di menu Tool => Flood Ping


3. Traceroute
   Berfungsi untuk menampilkan alamat IP yang dilewati sebelum sampai ke IP tujuan. Kita bisa menggunakan Tool ini di menu Tool => Traceroute


4. Torch 
   Berfungsi untuk memonitoring jaringan secara realtime dalam artian pada saat itu juga. Jadi kita bisa memantau node tertentu sehingga sangat membantu dalam memantau berdasarkan jenis protokolnya, alamt asal, alamat tujuan, dan tipe port.  Kita bisa menggunakan Tool ini di menu Tool => Torch.


5. Resource
  Berfungsi untuk melihat detail kerja perangkat mikrotik seperti total hardisk, memori, jenis boardname, jenis Router OS yang dipakai, dll. Kita bisa menggunakan Tool ini di menu System => Resource.

6. IP Scan
   Berfungsi untuk melihat IP Address yang digunakan oleh Client. Fungsi ini juga dapat melihat IP Address yang terhubung ke salah satu interface router Mikrotik. Untuk menggunakan Tool ini anda bisa cari di menu Tool => IP Scan


Kesimpulan
      Dari penjelasan di atas kita dapat mengetahui banyak tentang Tool monitoring pada Mikrotik sesuai fungsi dan kegunaannya masing-masing.

Referensi
     Ebook Mikrotik MTCNA

Penutup    
     Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat bagi pembaca.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb 

No comments:

Post a Comment