Seputar Dunia IT dan Pengembangan Diri

Breaking

Friday, November 23, 2018

Perbedaan SUDO, SU, dan SUDO SU | Abubakar Ghifari

 Assalamu'alaikum Wr.Wb


Pendahuluan

    Hai sobat...Pada artikel kali ini saya akan sharing mengenai perbedaan perintah SU, SUDO SU, dan SUDO di Linux.

Latar belakang

    Dikarenakan para pengguna yang baru saja belajar menggunakan linux sering kali salah arti terhadap tiga perintah diatas.

Maksud dan Tujuan

    Agar para pembaca lebih mengerti penggunaan ketiga perintah tersebut.

Pembahasan

    * SU

      SU adalah singkatan dari Switch User bukan Super User , jadi dengan perintah ini kita dapat merubah user kita dari user1 ke user2 didalam sebuah system . Tetapi jika kalian menggtikan " su " tanpa nama user yang lain dibelakangnya maka secara deafult system akan mengganti user biasa menjadi Super User

   * Sudo

      Sudo merupakan singkatan dari Super User Do , fungi dari perintah ini adalah kita meminta ijin agar kita diijinkan untuk menjalankan perintah superuser dengan mengunakan user biasa , sebagaimana ditentukan oleh kebijakan keamanan

   * Sudo Su

      Terakhir adalah Sudo Su Sudo-su adalah sebuah perintah dalam command-line Linux. Apabila kalian memiliki akses root, maka sudo akan melakukan perintah sebagai superuser  "sudo su" memberikan kewenangan agar user biasa dapat bertingkah seperti super user (sudo -> super user do) sehingga user biasa pun dapat leluasa "menguasai sistem".   dan perintah ini berlaku sampai kita yang menutup terminal, tidak seperti perintah pada sudo.

Kesimpulan

     Dengan memahami perbedaan diatas kita dapat mengerti ternyata masih banyak kesalahan dalam pengartian perintah linux dan diharapkan para pembaca bisa menggunakan perintah tersebut sesuai dengan fungsinya masing-masing.

                                                                       
Refrensi

Perintah Dasar Linux yaitu MAN ( Manual )

Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat... 

Wassalamu'alaikum Wr.Wb

No comments:

Post a Comment