Seputar Dunia IT dan Pengembangan Diri

Breaking

Saturday, November 24, 2018

Pengertian dan Macam-Macam Web Server | Abubakar Ghifari

Assalamu'alaikum Wr.Wb


A.Pendahuluan
    Hay sobat..Pada artikel kali ini saya akan sharing menegenai pengertian dan macam-macam web serever.Simak ya..

B.Maksud dan Tujuan
   Memberitahukan kepada pembaca menenai web serever agar pembaca lebih menegtahui dan mudah memahami.

C.Pembahasan
  •     Web serever adalah sejenis perangkat lunak yang mampu memberikan layanan atau service untuk menerima request HTTP maupun HTTPS dari klien yang dikenal. Adapun klien yang dimaksud disini adalah web browser yang digunakan untuk menghubungkan pengguna ke internet, misalnya Google Chrome, Mozilla Firefox, UC Browser, dan lain sebagainya. Setelah menerima request HTTP maupun HTTPS dari klien, otomatis web server akan mengirimkan kembali request yang diminta oleh klien dalam bentuk halaman web, yang umumnya akan berbentuk dokumen HTML.
  • Fungsi utama sebuah server web adalah untuk mentransfer berkas atas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan. Disebabkan sebuah halaman web dapat terdiri atas berkas teks, gambar, video, dan lainnya pemanfaatan server web berfungsi pula untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web yang terkait; termasuk di dalamnya teks, gambar, video, atau lainnya. 

  • Jenis-jenis web server antara lain:
        1.Apache

Hasil gambar untuk web server apache
     Adapun Apache merupakan salah satu web server yang paling banyak digunakan di internet, dan merupakan salah satu web server yang didesain untuk sistem operasi UNIX. Apache sendiri memiliki beberapa macam dukungan seperti kontrol akses, PHP, dan SSL. Web server ini termasuk dalam kategori freeware, sekaligus dapat diinstal dengan mudah dan utamanya dapat beroperasi di berbagai sistem operasi komputer maupun mobile.

       2.Nginx
Hasil gambar untuk web server nginx

Nginx (dibaca engine x) merupakan salah satu web server selain Apache yang ternyata juga menggunakan lisensi open source. Selain itu, Nginx bisa dikaitkan sebagai salah satu web server yang menjadi saingain dari Apache. Adapun kelebihan Nginx yang tidak dapat dilakukan oleh web server lain, yakni adalah dapat menangani kebutuhan web server dengan trafik yang sangat tinggi, sekaligus mengepankan performa, kemudahan, dan kecepatan. Hal itulah sedikit keunggulan Nginx, dan berikut ini adalah kelebihan yang diunggulkan oleh Nginx:

  • Arsitektur Event-Based: Apache menggunakan process based, sedangkan Nginx menggunakan arsitektur event-based sehingga dinilai lebih mampu meminimalkan thread untuk memproses permintaan dari klien.
  • Kinerja Luar Biasa: Nginx sengaja didesain oleh pengembangnya untuk dapat menangani banyak permintaan dari klien, bahkan dapat menangani hingga sepuluh juta permintaan setiap harinya.
  • Kaya Akan Fitur: Nginx menyediakan berbagai macam fitur yang umumnya banyak dicari. Adapun fitur tersebut seperti static file serving, virtual hosts, reverse proxying, access control, URL rewriting, dan lain sebagainya. 
         3.IIS(Internet information service)


Hasil gambar untuk web server IIS
Windows versi lawas, seperti Windows 2000 dan Windows 2003 umumnya akan menggunakan web server berjenis IIS. Web server IIS ternyata didukung banyak macam fitur dan komponen seperti TCP/IP, DNS, hingga software untuk membuat situs web. Dan hebatnya, IIS merupakan satu-satunya web server yang mendukung platform .NET dari Windows.

Meskipun demikian, sayangnya IIS merupakan web server yang berbayar, dan rumornya juga mengatakan bahwa web server ini mudah diserang oleh para hacker.

    4.Lighttpd

Hasil gambar untuk web server lighttpd

Lighttpd (dibaca Lightly) merupakan web server open source yang hanya dapat bekerja pada komputer yang menggunakan sistem operasi Linux dan Unix beserta turunanannya. Keunggulan Lighttpd yang membedakan dari banyak web server lainnya, yaitu mampu mengatur CPU load yang dinilai lebih efisien, serta memiliki fitur lainnya seperti SCGI, FastCGi, Output-Compression dan URL-Writing.

Kesimpulan
   
    Dengan membaca artikel ditas pembaca diharapkan lebih menegtahui apa itu web server dan macam-macamnya dengan baik.

Referensi
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Server_web
  • https://www.indoworx.com/jenis-jenis-web-server/
Penutup

Sekian artikel kali ini semoga bermanafaat bagi pembaca mohon maaf bila ada kesalahan.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb

   

No comments:

Post a Comment