Seputar Dunia IT dan Pengembangan Diri

Breaking

Tuesday, December 4, 2018

Konsep Manajemen Kerja | Abubakar Ghifari

Assalamualaikum Wr.Wb

Pendahuluan
   Hai Sobat... Pada kesempatan kali ini saya akan sharing mengenai konsepsi manajement projek.

Latar belakang
   Dikarenakan pentingnya pengetahuan konsepsi menejemen projek bagi seorang pekerja agar pekerjaan bisa selesai sesuai waktu dan target yang telah ditenetukan.

Maksud & Tujuan
   Agar pembaca bisa lebih mengetahui seputar konsepsi manajemen projek.

Pembahasan
  
    konsepsi manajemen projek adalah salah satu cara yang ditawarkan untuk maksud pengelolaan suatu proyek, yaitu suatu metode pengelolaan yang dikembangkan secara ilmiah dan intensif sejak pertengahan abad ke-20 untuk menghadapi kegiatan khusus yang berbentuk proyek.Cara memenejemen projek yaitu dengan merencanakan jenis maupun bentuk/isi kegiatan anggota mengorganisir,menjelaskan cara melakukan kegiatan, mengkoordinir dan mengevaluasi.

Ciri-ciri proyek adalah sebagai berikut:
  • Merupakan Suatu paket /rangkaian kegiatan
  • Memiliki tujuan khusus (sasaran & kriteria yg jelas)
  • Jumlah biaya sudah ditentukan (Plafond)
  • Jangka waktu pelaksanaan sdh pasti (terbatas, sehingga jadwal kegiatan harus ditentukan)
  • Bersifat sementara; umumnya dibatasi oleh selesainya waktu. (titik awal dan
    akhir ditentukan dengan jelas)
  • Non rutin / tidak berulang-ulang
Contoh proyek:
  • Pendidikan Multikulturan di SMA
  • Pengembangan SD/SMP Terpadu
  • Pendidikan Bilingual
  • Pendidikan Keunggulan lokal

Melakukan manajemen proyek harus melewati beberapa tahapan,yaitu POAC:
  • Planning
Planning (Perencanaan) adalah sebuah proses  perencanaan yang mempunyai tujuan tertentu dan berharap akan mendapatkan hasil yang matang .
  • Organizing
Organizing (Organisasi/Pengelompokan) adalah suatu proses pengelompokan SDM atau pembagian SDM untuk menjadikan team yang saling melengkapi dalam sebuah pekerjaan atau proyek.
  • Actuating
Actuating (Penggerakan) adalah fungsi managemen untuk menggerakan SDM yang digerakkan oleh koordinator tim dalam mengerjakan suatu proyek agar dapat berjalan sesuai alur.
  • Controlling
Controling (Mengontrol) Adalah kegiatan Guna untuk mejamin pekerjaan yang dilaksanakan sesuai dengan yang direncanakan

Kesimpulan

   Setelah membaca artikel diatas diharapkan pembaca bisa mengetahui konsep manajeme projek dengan baik.

Penutup

   Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat bagi pembaca.

Wassalamu'alakum Wr.Wb




No comments:

Post a Comment